Logo Kamis, 22 November 2018
images

Geopark Ciletuh Palabuhanratu. (ist)

SUKABUMI, KORANMETRO.com - Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi menyatakan seperempat juta lebih atau sekitar 300 ribu wisatawan memadati objek wisata tirta di Geopark Ciletuh Palabuhanratu pada libur panjang dan cuti bersama Lebaran 2018.

"Jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata di Kabupaten Sukabumi kemungkinan lebih dari 300 ribu orang, karena kami mencatat yang masuk objek wisata tirta saja seperti pantai, sungai dan air terjun," kata Ketua Harian Balawista Kabupaten Sukabumi Yanyan Nuryanto di Sukabumi, Senin (2/7/2018).

Menurut dia, hingga saat ini jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata tirta di Kabupaten Sukabumi masih banyak, tetapi tidak membludak seperti saat musim liburan panjang.

Mayoritas wisatawan yang datang ke objek wisata tirta berasal dari luar daerah seperti Sukabumi, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, Bandung, dan Cianjur.

Animo wisatawan tinggi karena penasaran setelah Unesco menetapkan Geopark Cileutuh Palabuhanratu sebagai taman alam batuan tua warisan dunia.

Selain itu, pantai di Sukabumi mempunyai keunikan dibandingkan daerah lain. Selama libur Lebaran tercipta antrean panjang kendaraan ke objek wisata laut seperti Palabuanratu.

"Objek wisata tirta Kabupaten Sukabumi memang selalu menjadi daerah tujuan wisatawan setiap tahunnya apalagi pada musim libur lebaran dan Tahun Baru. Ini membuktikan bahwa lokasi wisata ini menjadi andalan," kata Yanyan. (rus)