Logo Senin, 22 Oktober 2018
images

Penerbitan PKL (Pedagang Kaki Lima-red). (ist)

JAKARTA, KORANMETRO.com - Agar tidak semrawut dan merusak keindahan, Satpol PP Kelurahan Lebak Bulus menertibkan puluhan PKL (Pedagang Kaki Lima) di depan stasiun MRT di Jalan R A. Kartini, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Penertiban dilakukan petugas gabungan tiga pilar tingkat kecamatan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP.  Para PKL yang lapaknya ditertibkan petugas hanya bisa pasrah.

Kasat Pol PP Kelurahan Lebak bulus, Ahmad mengatakan penertiban tersebut rutin dilakukan. Pasalnya meski sudah dilakukan penertiban sebelumnya, masih ada PKL yang nekat berjualan di depan stasiun MRT tersebut.

"Penertiban dilakukan agar sepanjang jalan di depan stasiun MRT, Lebak Bulus bersih dari PKL. Karena keberadaan PKL mulai mengganggu pejalan kaki dan membuat kesemrawutan," kata Ahmad di Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2018) kemarin.

Ahmad menerangkan, karena melanggar aturan, 6 pedagang akan dikenakan sanksi. "6 pedagang akan dikenakan sanksi Tipiring (Tindak pidana ringan). Itu dilakukan agar para pedagang jera," tegasnya.

Setelah penertiban kali ini, Ahmad melanjutkan, Satpol PP akan terus melakukan pemantauan di sepanjang jalan R A. Kartini. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah PKL kembali berdagang di tempat tersebut.

Menanggapi penertiban tersebut, warga sekitar, Sopian (46) mengapresiasi kinerja Satpol PP Kelurahan Lebak Bulus. Menurutnya dengan adanya penertiban, di sepanjang jalan RA. Kartini terlihat tertata.

"Saya lihat cukup tanggap melihat situasu. Karena di situ memang sudah mulai banyak pedagang, jadi mulai semrawut jadi memang perlu ditertibkan. Kalau ngga PKL nya makin banyak," ujar Sopian. (indra)