Logo Selasa, 18 Juni 2019
images

Ilustrasi Bus Wisata.

BEKASI, KORANMETRO.com - Setelah menerima hibah sebanyak 21 bus dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), selanjutnya Pemerintah Kota Bekasi kembali menerima hibah bus pariwisata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, baru-baru ini.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, fasilitas bus pariwisata itu nantinya akan menjadi ikon baru di Kota Bekasi. Warga dapat berkeliling mengitari tiga wisata yang tengah dikembangkan pemerintah.

"Kita punya bus pariwisata satu nanti, semua kota (di Jawa Barat) nanti pak Gubernur memberikan satu unit di tahun selanjutnya. Bus pariwisata nanti akan muterin kota, ke titik-titik wisata, kita kan lagi bangun," kata Pepen, sapaan akrabnya yang dilansir Rabu (2/1/2019).

Adapun sebelumnya, Pemkot Bekasi menerima 20 bus jenis rapid transit atau bus angkutan umum dan satu bus sekolah.

Bus angkutan umum itu nantinya akan diperuntukkan sebagai armada tambahan angkutan masal milik pemerintah yakni Transpatriot.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menjelaskan, pihaknya tengah mengembangkan tiga jenis wisata kota diantaranya, wisata sejarah, wisata alam, dan wisata belanja.

Wisata sejarah kata Tri, Kota Bekasi yang terkenal dengan julukan Kota Patriot memiliki tali sejerah perjuangan kemerdekaan. Terdapat sejumlah lokasi dan tugu sejarah yang akan dikembangkan agar lebih dikenal masyarakat.

"Seperti tugu perjuangan Kali Bekasi, lalu ada tugu perjuangan di lapangan Alun-alun Bekasi, itu akan kita kembangkan," jelas dia.

Kedua kata dia, pengembangan wisata alam. Pemkot akan membangun lebih banyak lagi taman dan ruang terbuka hijau, salah satunya penataan kawasan Kalimalang yang perbedaannya telah matang tinggal menunggu pembangunan dari Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat.

"Kedua wisata alam itu seperti taman, termasuk penataan kalimalang, Alhamdulillah pemerintah pusat juga kan ikut membantu sedangkan pemprov Jabar akan bangun di kawasan sekitar Unismas, lalu wisata alam lainnya termasuk taman hutan bambu di pinggir Kali Bekasi," jelas dia.

Lalu yang ketiga ialah wisata belanja, Kota Bekasi saat ini merupakan kota dengan jumlah mal atau pusat perbelanjaan cukup banyak. Terdapat sejumlah pusat perbelanjaan seperti Summarecon Mal Bekasi, Mega Bekasi Hypermall, Bekasi Cyber Park, Metropolitan Mall, hingga Lagoon Avenue Mal.

"Kita akan kerja sama dengan pengembang pusat perbelanjaan agar nantinya mereka bisa memfasilitasi apa yang disebut wisata belanja yang kita cetuskan ini," ujar Tri. (rus)