Logo Jumat, 22 September 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Ngecas Handphone.

BEKASI, KORANMETRO.com - Mengisi daya smartphone menjadi sebuah kewajiban agar perangkat Anda tetap dapat digunakan. Namun sayangnya, saat melakukan pengisian daya banyak pengguna smartphone yang sedikit masah bodoh.

Alhasil dampaknya tentu dapat membuat baterai smartphone menjadi rusak. Jika tidak ingin hal terssebut terjadi pada smartphone Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengisian daya baterai.

Sebagaimana dikutip dari dari Tech Times, setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

1. Jangan Menunggu Baterai Sampai 0%

Tak sedikit pengguna lebih memilih daya baterai sampai benar-benar habis baru melakukan pengisian daya. Padahal, pengguna perlu ingat smartphone mereka menggunakan baterai Li-ion yang tak perlu menunggu hingga kosong untuk bisa diisi penuh kembali.

Jika menunggu persentase baterai sampai 0, hal ini dapat berdampak pada umur baterai.

Pasalnya baterai Li-ion sebenarnya sudah dirancang untuk bekerja dengan kapasitas baterai 30-80 persen. Maka, saat kapasitas baterai di bawah 30 persen sudah bisa diisi tanpa harus menunggu kapasitas baterai hingga 0 persen. Ketika kapasitasnya mencapai 80 persen kamu tak perlu menunggu hingga penuh 100 persen.

2. Tidak Melepas Casing Smartphone Saat Pengisian Daya

Bagian dari tegangan baterai sebenarnya berasal dari temperatur sehingga bukan rahasia lagi kalau smartphone terkadang berubah jadi hangat saat sedang diisi daya.

Nah, melepaskan casing saat smartphone sedang diisi daya rupanya bisa membantu ponsel dan muatan baterai berada pada suhu yang nyaman.

Sebaiknya hindari pemaparan perangkat terhadap suhu di atas 35 derajat C atau 95 derajat F. Karena itu bisa merusak baterai permanen.

3. Tidak Memperhatikan Tempat Saat Mengisi Daya

Mengisi daya smartphone di sembarang tempat rupanya bisa menimbulkan bahaya. Seperti disebutkan di atas, baterai Li-ion memiliki temperatur tertentu yang bisa ditoleransi.

Nah, jika kamu menaruh ponsel di tempat yang begitu panas, otomatis suhu ponsel pun bisa meningkat dan itu bukan hal baik. Dampaknya tentu akan merusak baterai dengan lebih cepat.

Demikian beberapa tips pengisian aman mengisi daya baterai smartphone, semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir lagi ke KORANMETRO.com ya. (jek)